Minggu, 09 Desember 2012

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI


Oleh : Kamarudin
Prodi Pendidikan Olahraga Pascasarjana UNESA Surabaya

Abstract
Pendidikan jasmani merupakan pendidikan yang menggunakan aktivitas jasmani sebagai media untuk mencapai tujuan. Pendidikan jasmani makin penting dan strategis dalam kehidupan era teknologi yang sarat perubahan, persaingan dan kompleksitas. Pendidikan jasmani merupakan sarana yang efektif dan efisien untuk meningkatkan disiplin dan rasa tanggung jawab, kreativitas dan daya inovasi serta mengembangkan kecerdasan emosional.
Sebuah kegiatan pengembangan, dapat dilakukan apabila terdapat data hasil analisis kebutuhan berdasarkan kondisi lapangan.  Berdasarkan data tersebut baru dapat disusun rencana pengembangan, dan berdasarkan rencana yang disusun, maka dilakukan pengembangan produk untuk diterapkan.
Kata Kunci: Pengembangan, pembelajaran, pendidikan jasmani.
A. PENDAHULUAN
         Peraturan Pemerintah (PP) No. 19 Tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan, dimaksudkan sebagai upaya penjaminan mutu pendidikan kepada pengguna (user), agar mereka memperoleh layanan minimal yang standar (sama), sehingga diperlukan standar tertentu yang harus dipenuhi, hal ini mengharuskan kita yang berada di pendidikan tinggi (PT) secepatnya berbenah untuk mempersiapkan diri.
Upaya melakukan standarisasi penjaminan mutu pendidikan di perguruan tinggi yang bersifat kelembagaan tersebut, telah dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dengan melakukan akreditasi terhadap program studi yang ada di PT. Penjaminan mutu pendidikan memiliki konsekuensi adanya tuntutan kompetensi tertentu yang harus dimiliki guru berupa: (1) penguasaan bidang studi, (2) pemahaman tentang peserta didik, (3) penguasaan cara pembelajaran, dan (4) pengembangan kepribadian dan keprofesionalan, merupakan konsekuensi yang harus diemban oleh guru, termasuk guru pendidikan jasmani (Dikti, 2004). Oleh karena itu pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional (PP. No. 19; 2005).
         Kondisi tersebut merupakan tantangan yang harus kita hadapi, sebagai akibat globalisasi. Oleh karena itu guru juga dosen harus selalu memperbaiki diri (berubah) sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Globalisasi menuntut perubahan sesuai dengan perkembangan teknologi. Selaras dengan hal tersebut, kita sebagai pendidik, yang mendidik calon pendidik harus siap menyongsong dan menerima perubahan, kalau tidak, maka kita akan ditinggal oleh perubahan.
Menyikapi arus perubahan tersebut, kita dituntut untuk lebih kreatif menciptakan berbagai upaya untuk menyiapkan mahasiswa kita agar memiliki kompetensi yang cukup untuk menunjang persaingan satu dekade ke depan. Penguasaan teknologi informasi merupakan kebutuhan yang tidak dapat ditawar lagi untuk “mahasiswa kita”.
Untuk menghasilkan calon pendidik yang kompeten saat ini diperlukan inovasi tertentu, salah satunya melalui pengembangan pembelajaran sebagai upaya menyajikan materi yang lebih menarik, manusiawi dan mempercepat penguasaan kompetensi merupakan suatu kebutuhan yang tidak dapat ditawar.
B. KAJIAN PUSTAKA
1.   Pembelajaran Pendidikan Jasmani 
         Pendidikan jasmani makin penting dan strategis dalam kehidupan era teknologi yang sarat perubahan, persaingan dan kompleksitas. Hal tersebut menyangkut pembentukan watak dan kepribadian bangsa serta usaha pengembangan dan peningkatan mutu sumber daya manusia secara berkelanjutan. Pendidikan jasmani merupakan sarana yang efektif dan efisien untuk meningkatkan disiplin dan rasa tanggung jawab, kreativitas dan daya inovasi serta mengembangkan kecerdasan emosional (Wiranto Arismunandar, 1999).
Pendidikan jasmani merupakan pendidikan yang menggunakan aktivitas jasmani sebagai media untuk mencapai tujuan. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diperlukan perencanaan yang sistematik, agar mampu meningkatkan individu secara organik, neuromuskuler, perseptual, kognitif, sosial dan emosional (Depdiknas; 2003a).
         Pendidikan jasmani memiliki tujuan: (a) meletakkan landasan karakter moral, (b) membangun landasan kepribadian yang kuat, sikap cinta damai, sikap sosial dan toleransi, (c) menumbuhkan kemampuan berfikir kritis, (d) mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerjasama, percaya diri, dan demokratis, mengembangkan kemampuan gerak dan keterampilan berbagai macam permainan dan olahraga, (e) mengembangkan keterampilan mengelola diri dalam pemeliharaan kebugaran (Depdiknas; 2003b).  Pendidikan jasmani yang disajikan di sekolah memiliki fungsi antara mengembangkan aspek: (a) organik, (b) neuro muskuler, (c) perseptual, (d) sosial, dan (e) emosional (Depdiknas; 2003b). Hal tersebut selaras dengan pendapat Annarino (1980) yang menyatakan bahwa pendidikan jasmani yang baik harus mampu mengembangkan empat aspek, yaitu: (a) aspek fisik, (b) psikomotor, (c) kognitif, dan (d) afektif. Keempat aspek tersebut dapat dicapai apabila pelaksanaan kegiatan mepertimbangkan empat aspek: (a) prinsip, (b) conten, (c) strategi pembelajaran, dan (d) ketepatan alat penilaian yang digunakan.
         Dalam kaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani, sistematika pembelajaran perlu diikuti secara prosedural, mulai dari; pemanasan 5-10% dari waktu keseluruhan, latihan inti 80-90% dan penenangan atau penutup pelajaran memerlukan waktu 5%. Agar pembelajaran pendidikan jasmani lebih efektif, waktu ganti pakaian perlu juga diperhitungkan.
2.   Langkah Pengembangan
         Sebuah kegiatan pengembangan, dapat dilakukan apabila terdapat data hasil analisis kebutuhan berdasarkan kondisi lapangan.  Berdasarkan data tersebut baru dapat disusun rencana pengembangan, dan berdasarkan rencana yang disusun tersebut, maka dilakukan pengembangan produk untuk diterapkan. Dalam konteks pengembangan pembelajaran pendidikan jasmani, maka langkah research & development yang dikembangkan oleh Borg & Gall (1983) dapat digunakan sebagai upaya untuk melakukan langkah pengembangan. Langkah tersebut antara lain sebagai berikut:
(1) Melakukan analisis kebutuhan
(2) Melakukan perencanaan
(3) Mengembangkan produk (pembelajaran)
(4) Uji coba produk pengembangan
(5) Revisi produk pengembangan
(6) Uji coba lapangan
C.  PEMBAHASAN
         Secara rinci upaya langkah pengembangan pembelajaran pendidikan jasmani tersebut dapat dikemukakan sebagai berikut:
1.   Analisis Kebutuhan
         Pada tahap pertama ini diperlukan berbagai informasi terkait dengan pembelajaran pendidikan jasmani. Informasi tersebut dapat berupa; persiapan mengajar, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Langkah pengumpulan informasi tersebut dapat dilakukan dengan membaca literatur, observasi lapangan, wawancara dengan guru maupun siswa.
         Berbagai informasi yang terkait dengan pembelajaran pendidikan jasmani dapat digunakan sumber data dalam melakukan analisis kebutuhan. Contoh: Dilakukan penelitian terhadap persiapan mengajar guru pendidikan jasmani SMP Negeri di Kota Semarang dengan menggunakan panduan wawancara dan dokumentasi dan diperoleh data seperti tabel 1.
Tabel 1. Data persiapan mengajar guru pendidikan jasmani SMP Negeri di Kota Semarang n = 40
NO
JENIS KEGIATAN
PERSENTASE DILAKUKAN
KET
1
Program tahunan
70%

2
Program semesteran
50%

3
Menyusun silabus
10%

4
Menyusun rancangan pengajaran
10%

5
Menyusun lembar penilaian
10%

         Berdasarkan data tersebut, maka saat ini guru pendidikan jasmani Kota Semarang  memerlukan pelatihan tentang persiapan mengajar.
2.   Perencanaan
         Temuan data lapangan merupakan dasar untuk menyusun rencana kegiatan pengembangan, sehingga pengembangan pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan lapangan. Berdasarkan temuan data pada Tabel 1. maka dapat ditentukan tujuan pengembangan berupa pelatihan guru pendidikan jasmani dalam menyusun rencana pembelajaran. Ruang lingkup materi kegiatan meliputi; menyusun silabus, rancangan pengajaran, dan penyusunan alat penilaian. Skala kegiatan pelatihan untuk guru pendidikan jasmani SMP Negeri di Kota Semarang yang mendesak adalah pelatihan penyusunan persiapan mengajar.
         Perencanaan kegiatan ini juga harus mempertimbangkan dari segi: man, money, material, method. Manusia (man) terkait dengan siapa panitianya, pesertanya, instrukturnya.  Money terkait dengan pendanaan atau sumber dana, dari mana dan berapa besarnya. Material terkait dengan bahan yang diperlukan dalam pelatihan, material ini bukan hanya bahan ATK, tetapi juga isi atau material pelatihan yang akan disajikan. Method terkait dengan pelaksanaan kegiatan yang akan dilakukan, siapa mengerjakan apa, dan kapan waktunya. Metode juga mempertimbangkan proporsi beban pelatihan, yang tentunya berbeda dengan seminar.
3.   Pengembangan Produk
Pengembangan produk dititik beratkan pada persiapan menyusun tujuan instruksional, buku atau alat penilaian kegiatan. Dalam contoh di depan, maka pengembangan produk dapat berupa buku panduan pelatihan menyusun persiapan mengajar, tata cara penggunaan panduan, sampai dengan menyusun alat penilaian untuk mengukur keberhasilan pelatihan.
Pada tahap ini tersusun sebuah model atau prototipe yang merupakan miniatur dari kondisi yang diperlukan oleh peserta pelatihan. Produk itulah yang akan digunakan dalam pelatihan. Penyusunan produk dilakukan oleh orang yang ahli atau didampingi oleh yang ahli dalam bidangnya. Keahlian tersebut dapat berupa ahli isi (materi) dan ahli pembelajar (perancang pembelajaran).
Validasi isi dilakukan oleh orang yang ahli pendidikan jasmani dosen ilmu keolahragaan/pendididikan jasmani atau guru pendidikan jasmani yang menguasai isi materi tersebut.
4.   Uji Coba Kelompok Kecil
         Setelah produk pengembangan tersebut dihasilkan, maka dilakukan uji coba dalam skala kecil 6-12 orang guru pendidikan jasmani, dilakukan pelatihan dengan menggunakan produk yang disusun.
         Uji coba tersebut dilakukan untuk melihat kemudahan peserta pelatihan dalam memahami produk pengembangan, sehingga para peserta mudah menyusun bahan pembelajaran. Kelemahan yang ada dalam produk tersebut digunakan untuk memperbaiki produk.
5.   Revisi Produk Pertama
         Hasil uji coba tersebut dianalisis untuk disempurnakan, sesuai dengan masukan yang diberikan oleh guru pendidikan jasmani ketika mengikuti pelatihan. Dengan revisi tersebut diharapkan produk pembelajaran yang disusun lebih mudah dicerna oleh peserta, sehingga mampu menjadi panduan dalam menyusun rancangan pembelajaran pendidikan jasmani.
6.   Uji Coba Lapangan
         Produk yang sudah direvisi tersebut diuji cobakan lagi pada kelompok lain, setelah kegiatan dianalisis untuk disempurnakan, begitu seterusnya dilakukan secara berulang, sehingga diperoleh produk yang lebih sempurna. Langkah pengembangan tersebut secara sederhana, dapat juga menggunakan model siklus dari penelitian tindakan, yang meliputi:

1)      Identifikasi masalah
2)      Analisis dan merumuskan masalah
3)      Merencanakan tindakan
4)      Melaksanakan tindakan.

D. KESIMPULAN DAN SARAN
1.   Kesimpulan
Pengembangan pembelajaran pendidikan jasmani harus didasarkan pada kebutuhan lapangan, sehingga akan lebih fungsional sesuai dengan kebutuhan pengguna. Langkah pengembangan tersebut dapat dilakukan sebagai berikut:
(1)   Melakukan analisis kebutuhan
(2)   Melakukan perencanaan
(3)   Mengembangkan produk (pembelajaran)
(4)   Uji coba produk pengembangan
(5)   Revisi produk pengembangan
(6)   Uji coba lapangan


2.   Saran
Agar pembelajaran pendidikan jasmani dapat berkembang dengan baik dan benar, guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan hendaknya selalu melakukan inovasi pembelajaran secara terus menerus melalui pelatihan dan perbaikan persiapan pengajaran serta mengikuti perkembangan teknologi pembelajaran.

DAFTAR PUSTAKA

Annarino, A.A., Cowell, C.C., & Hazelton H.W. 1980. Curriculum Theory and Design in Physical Education.St. Louis: Mosby Company.
Borg W. R, & Gall M.D., 1983. Educational Research; An Introduction. Fourth Edition. New York: Longman.
Depdiknas. 2003a. Kurikulum 2004; Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani SD dan MI. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas. 2003b. Kurikulum 2004; Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani SMP dan MTs. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dikti. 2004. Standar Kompetensi Guru Pemula Program Studi Pendidikan Jasmani Jenjang S1. Jakarta: Dirjen Dikti Direktur P2TK & KPT.
PP. Nomor. 19. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.
Wardani, I.G.A.K., Wihardit, K, & Nasoetion N. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Wiranto Arismunandar, 1999. Masa Depan Pendidikan Jasmani dan Olahraga di Indonesia. Jakarta: Pusat Olahraga ITB.




1 komentar: