Senin, 11 Maret 2013

Jalan Kaki Banyak Manfaatnya


manfaat jalan kaki 

Aktifitas jalan kaki kini makin dipandang sebelah mata. Orang Indonesia, terutama di perkotaan, kian enggan berjalan kaki dan memilih mengendarai sepeda motor walau tempat yang ditujunya cenderung dekat. Padahal, di beberapa negara maju seperti Jepang misalnya, jalan kaki masih jadi budaya yang digalakkan.
Jalan kaki sebenarnya membawa banyak manfaat bagi tubuh. Olahraga yang paling murah dan mudah ini juga dapat menghindarkan Anda dari beberapa jenis penyakit.
Seperti dilansir oleh situs magforwomen, berikut ini antara lain manfaat jalan kaki:
  • Membuang stres
Berjalan kaki mampu membuang stres yang Anda derita. Ia mampu menghilangkan ketegangan, dan bermanfaat juga mengurangi tekanan darah tinggi.
  • Membakar kalori
Dengan melakukan jalan kaki 30 menit, kalori yang mampu dibakar adalah 300 lebih. Ini efektif bagi Anda yang sedang mengalami obesitas dan ingin menurunkan berat badan.
  • Menyehatkan jantung
Kolesterol jahat yang menyumbat pembuluh darah dapat dihilangkan dengan aktifitas berjalan kaki. Ini akan menyehatkan jantung dan sekaligus menyehatkan paru-paru sebab saat berjalan otot paru-paru akan terlatih dengan baik.
  • Menghindarkan dari diabetes
Saat berjalan, hampir semua otot anggota tubuh bergerak dan membuat glukosa yang terdapat di sana ‘hilang’. Ini mencegah seseorang mengalami penyakit diabetes atau gula darah tinggi.
  • Menyehatkan otak
Jalan kaki membuat jantung berdenyut dengan cepat, dan membawa darah kaya oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke otak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar